Tips Motret Modal Kamera Smartphone

Tips Motret Modal Kamera Smartphone


Di era digital saat ini banyak orang lebih suka mengambil foto menggunakan smartphone (HP) mereka ketimbang menggunakan kamera profesional, setidaknya ada beberapa alasan seperti :
  • HP merupakan perangkat wajib yang akan selalu kamu bawa kemana - mana setiap saat.
  • Kamera HP zaman sekarang juga sudah mengalami peningkatan yang sangat drastis, dari kualitas hasil jepretannya juga sudah lebih dari cukup.
  • Tidak ribet, tinggal langsung jepret dan bisa langsung upload fotonya ke sosial media.
  • Tidak semua orang bisa membeli kamera profesional, seperti Mirrorless maupun DSLR.

Berikut Tips Motret Modal Kamera Smartphone :

1. Gunakan HP terbaik sesuai kemampuan
Pandai - pandailah dalam menentukan smartphone yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Harga smartphone yang lebih mahal belum tentu dapat menghasilkan foto yang lebih bagus. Tergantung usernya juga, bisa memaksimalkan kamera smartphonenya atu tidak. Jangan tergoda dengan ukuran megapixel yang besar, karena megapixel bukanlah sebuah patokan kualitas foto. Kebanyakan ini hanya gimmick dari produsen smarphone saja.

2. Pahami komposisi dalam fotografi
Salah satu faktor keindahan foto yaitu komposisi yang menarik. Maka dari itu pahami terlebih dahulu mengenai komposisi fotografi, dan mengambil momen terbaik. Komposisi fotografi seperti halnya komposisi dalam bidang seni apapun, setiap orang memiliki pandangan komposisi masing - masing sesuai selera.

3. Pastikan cahaya yang menerangi objek cukup
Kurangnya cahaya akan memaksa kamera untuk mendorong ISO ke tingkat yang lebih tinggi, yang mana akan mengakibatkan foto menjadi berbintik atau biasa disebut NOISE. Maka dari itu, usahakan lokasi untuk pengambilan foto mempunyai pencahayaan yang cukup. Jika ada lampu coba nyalakan atau buka jendela kamu supaya sinar matahari dapat leluasa masuk ke dalam ruangan.
*kalau tidak ada juga, aktifkan flash yang ada di smartphonemu.

4. Aktifkan fitur grid untuk mendapatkan komposisi rule of third yang pas
Rule Of Third merupakan salah satu komposisi dalam dunia fotografi. Maka dari itu, aktifkan grid di pengaturan kamera smartphone agar kamu bisa mendapatkan komposisi Rule Of Third yang akurat sehingga foto kamu naik kelas.

5. Aktifkan focus peaking
Focus Peaking merupakan fitur kamera yang akan membantumu melihat lebih jelas apakah objek sudah berada pada titik atau belum dengan cara memberikan highlight pada bagian yang fokus. Dengan cara ini kamu akan tau apakah sudah mendapatkan area fokus yang diinginkan. Jadi kalau ada fitur, segera aktifkan, karena akan sangat membantu memfokuskan jepretanmu.

6. Pelajari semua mode exposure yang ada di kamera smartphonemu
  • Portrait
  • Panorama
  • Landscape
  • Macro ( closeup )
  • Sport
  • Night Mode
  • Beach Snow
  • Fire Works
  • DLL
Beberapa pilihan mode lainnya tergantung dari jenis dan merek smartphone yang dibuat oleh vendor.

7. Gunakan mode HDR dalam kondisi tertentu
HDR merupakan kependekan dari High Dynamic Range, artinya perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang gelap dan bagian yang terang.
Lihat contoh foto dibawah ini :

Itu dia Tips Motret Modal Kamera Smartphone dari kami. Terima kasih semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali. Stay Safe
LihatTutupKomentar